Cuti Pada Karyawan Outsource

Banyak pertanyaan di pelaku usaha bingung mengenai jika ada karyawan dengan status outsource yang bekerja di tempat mereka mengajukan cuti.  Nah, timbul pertanyaan apakah karyawan outsource berhak menerima “jatah” dan hak cuti yang sama dengan karyawan tetap?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kita harus mengklasifikasikan jenis pekerjaan apa yang kita teken dengan vendor outsource. Dalam konsep outsourcing murni yaitu pemborongan pekerjaan seperti pembangunan gedung, jasa pengangkutan, dan jenis pekerjaan lain yang waktunya dapat terukur umumnya antara perusahaan pengguna jasa outsourcing, karyawan dan vendonr outsource jarang ditemui kasus permintaan cuti dari karyawan.Nah, lain halnya dengan jenis pekerjaan outsource di mana posisi dan jabatan yang melekat pada karyawan adalah jenis pekerjaan tetap semisal resepsionis, data entry maupun admin support.

Untuk hal yang kedua, karyawan tersebut biasanya dijanjikan oleh vendor akan mendapat cuti pada tahun kedua mereka. “Sialnya” begitu sudah memasuki tahun kedua dan mereka mengajukan cuti, permohonan tersebut malah ditolak dengan asumsi mereka tidak bisa memberikan cuti karena tidak diperjanjikan antara perusahaan dengan vendor outsource.

Sebenarnya pemikiran perusahaan tersebut adalah salah. Harus disadari bahwa cuti adalah hak karyawan sebagaimana diatur dalam Pasal 79 Ayat (2) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, di mana karyawan berhak mendapat cuti tahunan sejumlah 12 hari setelah bekerja 12 hari berturut-turut.

Solusi yang saling menguntungkan bagi para pihak adalah karyawan outsource tersebut diijinkan mengambil hal cuti, dan posisi sang karyawan yang kosong harus diganti oleh karyawan dari vendor outsource tersebut dengan kualifikasi yang sama baiknya dengan karyawan yang cuti, sehingga pihak perusahaan pemakai jasa outsource pun tidak mengalami kerugian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: